RSS

Category Archives: The Lighter side

ALLAH adalah Pemberi Rejeki Yang MAHA ADIL

ALLAH adalah Pemberi Rejeki Yang MAHA ADIL

Allah itu Super Duper Adil.

Hari ini ada pelajaran yang berharga saya pelajari. Jika Allah berkehendak memberi rejeki pada umat Nya, Dia akan memberi jalan agar umatNya mendapatkan rejeki itu.

Hari ini, seorang tukang listrik (electrician) mendapatkan jalan rejekinya lewat saya. Dari kemarin rumah saya konslet terus. Saya pikir karena hujan lebat hari jumat penyebabnya. Ternyata bukan. Sudah berhari-hari tikus menggerogoti kabel stop kontak kamar saya, sehingga kulit kabel terkelupas dan ketika terkena embun, buuum, konslet.

Seperti biasa, jika ada masalah seputar rumah, saya panggil pak Udin-tukang serba bisa yg saya andalkan. Di-sms pagi itu, beliau langsung muncul dan memeriksa sekitar kelistrikan-bak jin Aladsin ya. Setelah semua pencegahan yang beliau pikirkan tidak bisa memecahkan masalah konslet itu, beliau menyerah-melambai ke kamera dan bilang,  sori bos ga ngerti. Beliau menyarankan memanggil rekannya, seorang ahli/tukang listrik handal.

Pak Adi adalah nama sang ahli listrik itu. Ketika tiba di rumah saya, beliau pun memeriksa semuanya, menguji semua saluran/jalur listrik. Dan, diketahui lah kalprit alias penyebabnya. Kabel stop kontak kamar saya yang digerogori si monyong tikus. Setelah mengganti kabel ya g hangua dengan yang baru, dan meyakinkan tidak ada konslet lagi, maka beliau dengan percaya diri menyatakan rumah saya sudah aman. Alhamdulillah… Pak Udin dan pak Adi pulang ke rumah mereka dengan tersenyum karena ada lembaran uang untuk menafkahi keluarga mereka,  dan saya pun ditinggal tersenyum karena rumah saya kembali dialiri listrik.  Bisa nonton tv dan film lagi,  bisa mengisi ulang batre gawai saya.  Semuanya senang.  Everybody is happy.

Jadi begitulah ceritanya. Pelajaran yang saya dapat: Allah memberikan rejeki sesuai jalan pekerjaan yang kita pilih. Jika kita guru, seperti saya, maka Allah akan memberikan rejekiNya lewat murid-murid saya. Karena ayah saya adalah seorang supir angkot, maka rejekinya diberikan lewat penumpang-penumpang angkotnya. Tetapi jika anda maling, bisa ditebak, rejekinya diberikan lewat korbannya. Allah Maha Adil dalam memberikan rejeki, tinggal kita pilih, mau jalan halal atau tak halal. Jika kita pilih yang  halal, insya Allah akan barokah. Jika anda pilih yang haram,  rejekinya mungkin dapat tapi anda dan keluarga tidak bisa hidup tenang karena rejeki yang dimakan adalah rejeki tak barokah.  Dan sekali lagi saya diingatkan agar selalu bersyukur atas apa yang kita peroleh.  Banggalah jika kita bisa menjadi jalan oleh Allah sebagai  penyalur rejeki Nya.  Subhanallah…

RSP

Advertisements
 

Tags: , , , , , ,

Sneaker seharga Rp. 900,000.

Hari ini saya dibikin kaget oleh siswa di kelas saya, mengenai sepatu olahraga yang mereka pakai.

Mereknya memang ternama, dan karena barang “ori” harganya cukup bikin saya menjerit dalam hati. Rp. 900,000 sepasang. “Busyet, mahal amir…” maki ku dalam hati.

Ketika dia bilang harganya, kesan yang saya dapat itu adalah harga yang wajar. Lebih parah lagi, siswa satunya lagi menunjukan sepatu lain di Instagram, “Yang ini bagus, tapi murah banget, mister…” kata siswa lain sambil menunjukan ig suatu akun di hpnya. “Cuma Rp.599,000, sir…k katanya lagi. Eh, busyet… 600,000an dibilang murah. ‘Memang kamu sudah bisa menghasilkan berapa juta?’ maki ku lagi.

Ck…ck…ck…

Dalam hati aku mengerutu, aku juga mampu kalo memang mau beli. Pertanyaanya, setimpalkah apa yang aku belanjakan dengan kepuasan atau kenikmatan yang akan aku terima? Anda setuju?

Dengan uang segitu, bisa cukup untuk makan saya sebulan-sebulan setengah. Bisa buat liburan 3 hari. Bisa buat perbaiki rumah. Masih banyak yang bisa dilakukan dengan uang sebanyak itu.

Pertanyaan kedua, jika anakbya bisa beli sepatu semahal itu, orang tuanya beli sepatu harga berapa, ya?  Semoga orang tuanya diberikan rejeki yang melimpah terus….

Jika aku harus memilih, mending aku beli sepatu yang lebih murah tapi nyaman, dari pada beli sepatu semahal itu. Memang sepatu itu ringan banget, dan serasa tak pake sepatu, tapi itu bikin jebol keuangan ku. Aku harus bertahan hidup dengan usahaku sendiri. Jika aku bokek, aku malu kalau minta orang tua ku.

Aku hanya bisa berharap, suatu hari anak ini bisa mengerti harga suatu kerja keras, sehingga dia bisa mengharga usaha orang tuanya untuk menyediakan segala sesuatunya buat dia.

 
 

Tags: , , , , , , , ,

Apa Arti Kemenangan buat mu?

Hari ini aku menjadi panitia lomba bahasa inggris, Lia English Competition lebih tepatnya. Peserta lombanya berasal dari sekolah umum, homeschool, juga siswa Lia tentunya. Cukup menarik dan menyenangkan sekali sebenarnya. Seandainya dulu sewaktu SMP aku bisa mengikuti lomba seperti ini. Pasti akan sangat menyenangkan sekali.

Aku sudah menghapal sebuah dongeng berbahasa inggris yang aku dapat dari guruku. Melatih percakapan dalam bahasa inggris bukanlah hal sulit buatku, karena aku terbiasa menirukan tokoh kartun dari tv. Aku biasa memerankan beberapa tokoh sekaligus. Jadi bermain peran tentu tidaklah sulit. Bagaimana dengan intonasi dan aksen yang berbeda-beda? Bukan masalah besar. Aku terbiasa menirukan bunyi-bunyian dan tentunya aksen yang banyak dari film dan acara tv. Aku bahkan terlalu baik dalam memerankan tokoh kartun, kadang aku sendiri bingung, aku tokoh kartun atau tokoh nyata. 😁😁😁.

Setelah berlatih beberapa hari di depan cermin, pasti aku akan minta pendapat guru pembimbingku. Meminta pendapat dia. Aku bisa rasakan bahwa dia akan memuji penampilanku. Dia pasti bilang, kamu sudah bagus. Tampil aja dengan baik, hadiah sudah di tangan.

Pada hari lomba, aku pasti datang 30 menit lebih awal karena aku pasti tak mau datang terlambat. Dan ibuku sudah pasti sudah membangunkanku sejak jam 5 pagi karena beliau juga paling tidak bisa datang terlambat. Walaupun lombanya jam 10, aku pasti sudah diantar untuk lomba dari jam 9. 15 menit selanjutnya aku pasti sudah senewen menanti lomba untuk dimulai. Aku pasti sudah mondar-mandir di depan ruang lomba menanti yang lain datang. Aku paling tidak bisa menunggu lama. 

Begitu namaku dipanggil panitia lomba, aku akan segera masuk dan siap-siap bercerita. Tetapi karena terlalu senewen aku lupa dengan cerita yang akan aku ceritakan di lomba dan aku pun terpana. Selama 10 menit kemudian, panitia akan mengucapkan terima kasih atas usahanya dan aku pun digiring keluar untuk memberi ruang pada peserta selanjutnya. Sudah pasti aku tak akan menang. Walaupun begitu, aku akan memilih mencoba mengikuti lomba itu. Aku pasti akan bangga, karena aku telah mencoba.

Menjadi seorang guru lebih dari 15 tahun, aku menyadari kemenangan bukanlah segalanya. Bahkan kadang kemenangan hanya akan merusak. Itu yang diucapkan Einstein, “Success is the worst teacher, it leads smart people to think they can do anything”. Secara pribadi aku setuju sekali. Walaupun memang menyenangkan untuk menang, karena ketenaran dan wow efek yang ditimbulkannya, tetapi orang tidak akan belajar lebih banyak. Setidaknya itu yang terjadi pada sebagian orang. Aku senang aku tidak selalu menang, karena itu memacu aku untuk lebih bijak dan bisa belajar lagi. Kekalahan adalah kemenangan dalam bentuk lain.

 
 

Tags: , , , ,

INILAH ORANG2 YG BAKAL SELAMAT KALO ADA SERANGAN ZOMBIE

Oke singkat aja, waktu kita gak banyak. MBDC percaya, gak lama lagi Zombie Apocalypse akan terjadi. Liat aja di dunia sekarang udah banyak penyakit aneh-aneh. Dan MBDC yakin, banyak yang punya kepercayaan yang sama dengan MBDC. Dan kalian pasti udah mempersiapkan diri untuk menghadapi Zombie dengan banyak nonton-nonton film Zombie dan mungkin ada yang baca buku Max Brooks tentang Zombie juga. Lalu kalian pasti udah yakin bakal selamat dari Zombie.

Kalian SALAH ! Semua itu gak bisa mempersiapkan kalian dari kengerian sebenernya dari Zombie. Kalian semua bakal mati dimakan. Dan yang selamat adalah…

Tukang Gerobakan

Kamu pikir, dengan nonton film dan baca buku, kamu bisa lari dari kejaran para zombie ? Okelah, kamu suka ikut event-event lari yang marak saat ini. Tapi itu buat ngeksis doang kan. Larinya juga gitu-gitu doang. Kemampuan kardio dan kekuatan kaki kamu masih kalah sama tukang gerobakanyang tiap hari jalan kaki kelilng komplek. Kalo zombie menyerang, tanpa dibebani sama gerobak mereka, pasti larinya kenceng dan kuat banget tuh. Ketika kalian ditangkep zombie karena ngos-ngosan baru 3 kilo lari, mereka udah lari lebih jauh lagi menuju keselamatan.

Survivalist dan Pecinta Alam

Survivalist ada gak sih di Indonesia ? Nah buat kamu yang gak tau, mereka ini adalah orang-orang yang hobinya adalah… mempersiapkan diri dari bencana. Mereka punya bunker di rumahnya, yang isinya stok air, makanan, bensin, batere dan punya genset sendiri. Mereka percaya bencana apapun bisa dateng kapan aja, dan mereka sudah mempersiapkan diri untuk itu. Dan mereka juga biasanya adalah para petualang-petualang pecinta alam yang bisa hidup di alam bebas. Mereka ngerti, mana tanaman-tanaman yang bisa dimakan, buat obat, dan yang beracun. Kalo ada zombie dan mereka musti kabur ke hutan-hutan gitu, mereka udah tau caranya untuk hidup di hutan.

Sementara kamu…. Yaa baru masuk hutan paling udah gatel-gatel digigit nyamuk yang gede-gede, terus mungkin mati sendiri gara-gara makan tanaman beracun.

Orang Miskin

Oke, mungkin kamu hoki bisa lari kenceng, dan ilmu membunuh zombie kamu berguna dari serangan zombie. Tapi sekarang, kenyataan di depan kamu adalah, kamu harus bisa bertahan hidup. Zombie mungkin udah gak jadi masalah lagi, tapi bertahan hidup di situasi yg gak jelas, bisa gak ? Kamu musti mikir gimana caranya dapetin makanan, musti tinggal dan tidur di tempat-tempat yang seadanya. Listrik dan air bakal jadi sesuatu yang langka, dan masih banyak masalah yang timbul. Idup susah banget deh pokoknya.

Nah kalo orang kismin, mereka udah biasa idup susah, makan sehari sekali. Kamu ? Bisa gak ?

Orang Kaya (Banget)

Pada kenyataannya, kita hidup di dunia kapitalis. Mereka yang punya duit paling banyak adalah mereka yang paling kuat, karena semua bisa dibeli dengan uang. Kamu pun bisa dibeli dengan uang, karena semua orang, dan semua benda ada harganya. Termasuk keselamatan.

Sebelum peradaban modern hancur berantakan, ketika tatanan sosial masih berlaku dan uang masih berharga, orang yang kaya raya (banget)bisa membeli keselamatan mereka dengan kekayaan yang berlimpah. Bisa dengan pindah ke daerah yang aman dari zombie. Bisa dengan ngebayar atau bikin bunker super aman dengan senjata lengkap dan persediaan makanan dan tenaga yang bisa bertahan selama tahunan, atau membayar orang-orang bodoh yang gak sadar bahwa kemanusiaan akan segera hancur dan uang gak berarti lagi untuk menyelamatkan mereka.

Haji Lulung

Masih perlu dijelasin lagi?

Nah, gimana ? Masih mikir buat bisa selamat dari serangan zombie ? Hayo coba introspeksi diri lagi ya. Kalo udah komen disini ya. Itupun kalo kamu belom digigit zombie.

Dicopas dari malesbangetdotcom

 
Leave a comment

Posted by on March 8, 2015 in Jokes, The Lighter side

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Apa adanya

Pernah liat/denger tag line sebuah iklan yang bunyinya:

Orang lain ada udang di balik batu, gue apa adanya.

Klo lo perhatiin kayaknya keren gitu ya. Padahal, kalo lo liat dari angle tertentu, tagline ini bisa jadi missleading lho.

Gimana bisa ga missleading, klo kita apa adanya ga pake apa-apa, apa ga repot dan ga bikin heboh orang lain tuh? Wah si Anu sih apa adanya orangnya tuh. Doi bugil coy…. Nah kan bisa repot, coy….

 
Leave a comment

Posted by on October 19, 2012 in The Lighter side

 

Hello world!

Sekarang gw ngerti knapa Pemimpin suka Jaim. Mereka jaim karen tuntutan profesi bray. Coba bayangkan kalo pemimpin tuh ga jaim, kentut sembarangan kayak di rumahnya misalkan, orang tahunya tuh pemimpin ga sopan banget, padahal, klo emang mereka tau susahnya nahan kentut itu seperti apa, pastilah mereka bisa ngerti.

Tapi kadang orang ga mau ngerti klo yg ngelakuin gitu sosok pemimpin. Serasa ga pas gituh….

Tapi coy, lo pada lupa yaaa…. Pemimpin juga manusia…. Boleh aja dong sekali2 khilaf. kayak lo ga suka khilaf aja…. Emang lo semua malaikat, yg terbebas dari dosa…?

 
1 Comment

Posted by on October 19, 2012 in The Lighter side