RSS

Melindungi diri itu Wajib hukumnya

05 Oct
Melindungi diri itu Wajib hukumnya

Anda punya mobil? Atau anda punya motor? Belum punya? Sering naik mobil atau dibonceng pakai motor? Sewaktu anda naik mobil, anda pasti tahu yang namanya ‘seat belt’ kan? Suka pakai jika naik mobil? Jika anda dibonceng pakai motor apakah anda memakai helm? Pertanyaan-pertanyaan ini saya tanyakan karena saya peduli akan keselamatan anda. Tahukah anda bahwa memelihara keselamatan diri itu hukumnya wajib secara aturan negara dan agama (setidaknya dalam Islam).

Entah bagaimana banyak orang enggan dan malas ketika harus memakai helm atau seat belt. Padahal keberadaan seat belt dan helm adalah untuk menjaga keselamatan anda lho.  Seat belt berfungsi untuk menghindarkan anda terantuk kaca depan mobil dan menjaga anda tetap di tempat duduk anda ketika terjadi tabrakan sehingga badan anda tidak terombang-ambing saat terjadi benturan keras pada kendaraan. Memakai seat belt meningkatkan tingkat keselamatan anda lebih dari 60% dari pada tidak memakai seat belt. Memakai seat belt juga dianjurkan buat penumpang yang duduk di baris belakang, tidak hanya di baris pertama.

Banyak orang malas memakai helm dengan banyak alasan. Alasan yang paling sering dinyatakan adalah karena pakai helm itu gerah. Tak usah pake helm, kan dekat ini. Ga usah pake helm, lagian tak ada polisi ini. Tahukah anda memakai helm menjaga anda dari benturan keras ke kepala saat terjadi kecelakaan sepeeri motor anda menabrak sesuatu, atau ditabrak sesuatu. Kepala anda adalah organ paling vital yang harus dilindungi. Dan lagi, kecelakaan tidak mengenal jarak-mau jauh atau dekat-kecelakaan bisa terjadi.

Penggunaan alat keselamatan diwajibkan oleh pemerintah karena alasan-alasan tersebut di atas, bukan untuk mengerjai anda. Hal ini juga dianjurkan dalam agama Islam. Dahulu ketika Rasulullah SAW berperang melawan para kafirin dan penenentang agama Allah, beliau selalu menggunakan baju jirah serta helmnya. Walaupun sebenarnya keselamatan beliau sudah dijaga oleh orang-orang kepercayaan beliau yang dengan rela mengorbankan jiwanya demi keselamatan rasulullah, rasulullah masih memakai helm dan baju jirahnya. Saya tidak pernah mendengar adakalanya rasul berperang tanpa perlindungan. Jika Rasulullah saja memakai perlindungan dalam berperang, walaupun sudah dijamin oleh Allah tak akan ada satupun bilah pedang dan anak panah akan menyentuh beliau tanpa sepengetahuan Rasulullah. Apalah kita orang biasa yang tidak tahu kapan ajal akan menjemput. Melindungi diri adalah hal yang wajib dilakukan, bukan hal pilihan-suka atau tidak. Jadi marilah kita menjaga diri kita dalam berkendaaraan. Pakailah helm jika anda menunggang atau dibonceng pakai motor dan pakailah seat belt jika anda naik mobil. Mari budayakan menjaga diri dalam berkendaraan. Jangan gunakan alasan-alasan jadul di atas jika anda berkendaraan.

-RSP-

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 5, 2016 in world around you

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: