RSS

Apa Arti Kemenangan buat mu?

25 Sep

Hari ini aku menjadi panitia lomba bahasa inggris, Lia English Competition lebih tepatnya. Peserta lombanya berasal dari sekolah umum, homeschool, juga siswa Lia tentunya. Cukup menarik dan menyenangkan sekali sebenarnya. Seandainya dulu sewaktu SMP aku bisa mengikuti lomba seperti ini. Pasti akan sangat menyenangkan sekali.

Aku sudah menghapal sebuah dongeng berbahasa inggris yang aku dapat dari guruku. Melatih percakapan dalam bahasa inggris bukanlah hal sulit buatku, karena aku terbiasa menirukan tokoh kartun dari tv. Aku biasa memerankan beberapa tokoh sekaligus. Jadi bermain peran tentu tidaklah sulit. Bagaimana dengan intonasi dan aksen yang berbeda-beda? Bukan masalah besar. Aku terbiasa menirukan bunyi-bunyian dan tentunya aksen yang banyak dari film dan acara tv. Aku bahkan terlalu baik dalam memerankan tokoh kartun, kadang aku sendiri bingung, aku tokoh kartun atau tokoh nyata. 😁😁😁.

Setelah berlatih beberapa hari di depan cermin, pasti aku akan minta pendapat guru pembimbingku. Meminta pendapat dia. Aku bisa rasakan bahwa dia akan memuji penampilanku. Dia pasti bilang, kamu sudah bagus. Tampil aja dengan baik, hadiah sudah di tangan.

Pada hari lomba, aku pasti datang 30 menit lebih awal karena aku pasti tak mau datang terlambat. Dan ibuku sudah pasti sudah membangunkanku sejak jam 5 pagi karena beliau juga paling tidak bisa datang terlambat. Walaupun lombanya jam 10, aku pasti sudah diantar untuk lomba dari jam 9. 15 menit selanjutnya aku pasti sudah senewen menanti lomba untuk dimulai. Aku pasti sudah mondar-mandir di depan ruang lomba menanti yang lain datang. Aku paling tidak bisa menunggu lama. 

Begitu namaku dipanggil panitia lomba, aku akan segera masuk dan siap-siap bercerita. Tetapi karena terlalu senewen aku lupa dengan cerita yang akan aku ceritakan di lomba dan aku pun terpana. Selama 10 menit kemudian, panitia akan mengucapkan terima kasih atas usahanya dan aku pun digiring keluar untuk memberi ruang pada peserta selanjutnya. Sudah pasti aku tak akan menang. Walaupun begitu, aku akan memilih mencoba mengikuti lomba itu. Aku pasti akan bangga, karena aku telah mencoba.

Menjadi seorang guru lebih dari 15 tahun, aku menyadari kemenangan bukanlah segalanya. Bahkan kadang kemenangan hanya akan merusak. Itu yang diucapkan Einstein, “Success is the worst teacher, it leads smart people to think they can do anything”. Secara pribadi aku setuju sekali. Walaupun memang menyenangkan untuk menang, karena ketenaran dan wow efek yang ditimbulkannya, tetapi orang tidak akan belajar lebih banyak. Setidaknya itu yang terjadi pada sebagian orang. Aku senang aku tidak selalu menang, karena itu memacu aku untuk lebih bijak dan bisa belajar lagi. Kekalahan adalah kemenangan dalam bentuk lain.

 
 

Tags: , , , ,

One response to “Apa Arti Kemenangan buat mu?

Leave a Reply

 
